Kabar Gembira

Telah dibuka proyek perumahan Dago Hills Residence Tahap 2 dengan luas lahan ±5000m2 dan total unit sebanyak 41 unit. Pembangunan akan dilaksanakan dalam jangka waktu 24 bulan.

Kami kabarkan kepada seluruh kaum muslimin untuk ikut serta mengambil peran dalam pengembangan perumahan syariah Dago Hills Residence. Dengan itu kami membuka kesempatan untuk saudara2 untuk ikut serta berinvestasi dengan kami. Dengan sharing profit yang menguntungkan dan menjanjikan.

Adapun bentuk investasinya adalah investasi saham tanah dengan dasar hukum Syirkah Al-Milk. Dengan begitu ikhwan/akhwat/saudara tidak perlu cemas karena telah ikut andil berinvestasi dengan sistem syariah.

 

Pengertian Syirkah

A. Pengertian Syirkah

Syirkah secara kebahasaan adalah percampuran, percampuran dalam hal ini adalah percampuran salah satu dari dua harta dengan harta lainnya tanpa dapat dibedakan antara keduanya. Secara istilah adalah kerjasama untuk mendayagunakan (tasarruf) harta yang dimiliki dua orang secara bersama-sama oleh keduanya yakni keduanya, namun masing-masing memiliki hak untuk tasarruf.

Pengertian syirkah menurut bahasa dan para ulama fuqaha, kiranya dapat dipahami bahwa maksudnya adalah kerjasama antara dua orang atau lebih dalam berusaha, yang keuntungan dan kerugiannya.

Adapun yang dasar hukum syirkah oleh para ulama sebagai berikut :

Artinya : Tetapi jika saudara-saudara seibu itu lebih dari seorang, Maka mereka bersekutu dalam yang sepertiga itu, sesudah dipenuhi wasiat yang dibuat olehnya atau sesudah dibayar hutangnya dengan tidak memberi mudharat (kepada ahli waris)[274]. (Allah menetapkan yang demikian itu sebagai) syari’at yang benar-benar dari Allah, dan Allah Maha mengetahui lagi Maha Penyantun.

Dalam hadits Nabi SAW :

Artinya : Allah taala berfirman, Aku pihak ketiga dari dua orang yang berserikat selagi masingmasing dari keduanya tidak menghianatinya yang lain, aku keluar dari keduanya. (HR Abu Dawud).

Baca Selengkapnya - Syirkah Al Milk

Syirkah Al Milk mengandung arti kepemilikan bersama (co-ownership) yang keberadaannya muncul apabila dua orang atau lebih memperoleh kepemilikan bersama (joint ownership) atau suatu kekayaan (asset). Misalnya, dua orang atau lebih menerima warisan/ hibah/ wasiat sebidang tanah atau harta kekayaan atau perusahaan, baik yang dapat dibagi atau tidak dapat di bagi-bagi . Apabila harta bersama (warisan/hibah/wasiat) dapat dibagi, namun para mitra memutuskanuntuk tetap memiliknya bersama, maka syirkah al milk tersebut bersifat ikhtiyari (sukarela/voluntary). Namun apabila barang tersebut tidak dapatdibagi-bagi dan mereka terpaksa harus memiliknya bersama, maka syirkah al milk ini bersifat jabari (tidak sukarela/involuntary atau terpaksa).

Dalam syarikah al milk, hubungan sesama mitra (syuraka`) tidak mengandung unsur wakalah dan kafalah. Dengan demikian, mitra (syarik) yang satu bukan merupakan wakil dan kafil dari mitranya yang lain terkait dengan asset atau barang yang dimiliki bersama oleh keduanya.

Contoh, bapak A dan bapak B secara bersama-sama memiliki sebuah motor Honda. Entah itu dari hasil beli patungan atau hasil warisan atau hasil pemberian dari orang lain untuk mereka berdua.

Kepemilikan bersama (syarikah) terhadap motor Honda oleh kedua orang tersebut disebut syarikah al milk jika masing-masing mitra (bapak A dan bapak B) tidak saling menyerahkan hak perwakilan (wakalah) untuk melakukan tasharruf dan tidak ada saling kafalah. (lihat arti tashaaruf di bawah)

Maksudnya begini, jika bapak A tidak menyerahkan hak tasharruf atas porsi yang menjadi miliknya kepada bapak B dan sebaliknya, bapak B tidak menyerahkan hak tasharruf atas porsi yang menjadi miliknya kepada bapak A maka syarikah seperti ini adalah syarikah al milk.

Mari contoh di atas diperjelas. Jika bapak A tidak mengizinkan bapak B (atau sebaliknya) untuk menjual porsi yang menjadi miliknya (milik bapak A dan sebaliknya) dari sebuah motor Honda tersebut maka syarikah ini disebut syarikah al milk. Ketidak-adaan hak bagi mitra untuk bertindak atas porsi mitranya yang lain ini membuat akad jual motor dimaksud bisa dibatalkan sama sekali atau batal untuk porsi mitra yang tidak mengizinkan.

Contoh lain, masih dengan contoh di atas, jika bapak A ngojek dengan motor Honda milik bersama dan mendapatkan uang, maka (1) bapak A berdosa; dan (2) bapak B berhak atas ujrah wajar (ujrah al mitsl) sebagai akibat porsinya (pada motor tersebut) dimanfaatkan untuk ngojek oleh bapak A. (Besaran ujrah al mitsl akan menjadi pembahasan tersendiri)

Di samping itu, syarikah al milk juga tidak mengandung kafalah. Jika bapak A merusak motor Honda milik bersama tadi (entah merusak secara sengaja atau tidak), maka porsi kepemililkan bapak B tidak berubah. Kerusakan motor sepenuhnya menjadi tanggungjawab bapak A karena dia yang merusaknya.

Katakanlah motor Honda milik bersama tadi sebelum dirusak bapak A seharga 10 juta di mana porsi masing-masing adalah 50%, dan akibat kerusakan ini motor terjual dengan harga 7 juta maka bapak B tetap memiliki hak sebesar 5 juta sedangkan bapak A mendapat haknya hanya sebesar 2 juta. Karena tidak ada kerugian yang ditanggung bersama dalam syarikah al milk. Bapak A harus rela kehilangan 3 juta-nya.

Jika anda dan saudara anda mendapat warisan sebuah rumah, lalu rumah dirusak oleh saudara anda, maka nilai hak yang berkurang hanya di sisi hak saudara anda. Sedangkan bagian anda tidak berkurang. Demikian karakter syarikah al milk. Jadi, bapak A (mitra 1) hanya berhak atas porsi miliknya dan bapak B (mitra 2) hanya berhak atas porsi miliknya. Bapak A tidak bisa dan tidak ada hak untuk -contoh- menjual porsi milik mitranya (bapak B). Begitu juga bapak B tidak boleh mengutak-atik porsi yang menjadi bagian mitranya, yaitu bapak A. Mengutak-atik dalam arti menjual, menyewakan atau tindakan apapun yang berakibat hukum.

Rukun dan Syarat Syirkah

1. Dalam perspektif syirkah :

  • Benda yang diakadkan harus dapat diterima sebagai perwalian.
  • Terkait keuntungan pembagiannya harus jelas dan dapat diketahui dua pihak.

2. Dalam perspektif syirkah mal :

  • Modal yang dijadikan objek akad syirkah adalah uang
  • Jika saham tidak diperjual belikan dgn menaikan nilai sahamnya.
  • Modal ada ketika akad syirkah dilakukan
  • Sertifikat juga tidak bisa dipindah tangankan kecuali atas pengetahuan pengelola dan pemilik saham.
  • Tidak bisa diambil dana ygbtelah di setor sebelum selesai pengelolaan selama waktu yang telah disepakati

3. Dalam perspektif syirkah mufawwadah :

  • Modal ( pokok harta ) harus sama
  • Bagi yang bersyirkah ahli untuk kafalah
  • Objek akad disyariahkan umum, pada semua macam juaal beli atau perdagangan.

 

Keuntungan Pemilik Saham

Nilai hasil keutungan saham dihitung per2 tahun sejak proyek pembangunan dimulai dan akan dicairkan di akhir progress pembangunan proyek Dago Hills Residence Tahap 2.
saham syirkah al milk

Modal Saham

Rp.10.000.000

akan mendaatkan keuntungan

Rp.4.241.788 (42,41%)

investasi tanah syirkah al milk

Modal Saham

Rp.20.000.000

akan mendaatkan keuntungan

Rp.8.483.576 (42,41%)

investasi tanah islami

Modal Saham

Rp.30.000.000

akan mendaatkan keuntungan

Rp.12.725.364 (42,41%)

Persyaratan

Persyaratan Dokumen :

1. KTP
2. KARTU KELUARGA
3. SURAT NIKAH
4. BUKTI TRANSFER

Anda dapat menghubungi nomor telepon yang tersedia atau bisa juga mengunjungi lokasi untuk mendapat keterangan lebih lanjut

 

Executife Summary

Modal Yang Disiapkan :

1. Modal Perolehan Tanah 5.000 m2 = Rp. 1.801.215.000
2. Legalitas dan Perijinan = Rp. 569.000.000
3. Pengolahan Lahan
   – Infrastrktur dan Fasilitas Kavling = Rp. 809.900.000
   – RAB Rumah :    
      1. Type 30/72   @ Rp. 78.000.000 x 41 Unit = Rp. 3.198.000.000
      2. Operasional = Rp. 2.342.700.000
Total Modal Keseluruhan = Rp. 8.720.815.000

Benefit

Penjualan Unit Rumah dan Tanah Lebih (Hook) :
   1. type 30/72 @ Rp. 300.000.000 x 41 unit = Rp. 12.300.000.000
   2. Tanah Lebih (Hook) @ Rp. 2.500.000 x 48 m2 = Rp. 120.000.000
 
Total Penjualan = Rp. 12.420.000.000
Contoh Bentuk Surat Saham
investasi tanah islami

Developer

Logo Kridautama Teknindo

Dago Hills Residence adalah produk dari PT Kridautama Teknindo. Perumahan dekat stasiun parung panjang dengan sistem cluster.

Galeri

 2017 PT Kridautama Teknindo. All Rights Reserved

Follow Us